Senin, 10 September 2012

Wigan Athletic

Wigan Athletic, The Latics, DW Stadium, Profil Pemain, Sejarah Klub, Jadwal, Hasil, Berita, Skuad, Topskor, Info Tim - Goal.com

Wigan AthleticBerdiri: 1932
Alamat: Robin Park, Newtown, Wigan, Lancashire, WN5 0UZ England
Telepon: 01942 774000
Faksimile: 01942 494654
Surat Elektronik: s.frodsham@wiganathletic.com
Laman Resmi: http://www.wiganlatics.co.uk
Ketua: Dave Whelan
Direktur: Brian Ashcroft, John Winstanley
Stadion: DW Stadium
Sejarah Singkat
Empat klub berdiri lebih dulu di kota Wigan sebelum Wigan Athletic FC berdiri. Pada 1932, klub didirikan setelah bubarnya para pendahulu, yakni Wigan County, Wigan United, Wigan Town, dan Wigan Borough. Catatan awal yang ditorehkan Wigan pada persepakbolaan Inggris adalah ketika mengukir kemenangan 6-1 atas Carlisle United. Partai babak pertama Piala FA 1934/35 itu menjadi rekor kemenangan terbesar sebuah klub non-liga atas klub liga yang bertahan hingga kini.

Hingga 1978, Wigan lebih banyak berkutat di liga regional. Bahkan pada 1972, mereka sempat melakukan gebrakan kontroversial dengan menyatakan niat mengikuti Divisi Dua Liga Skotlandia. Namun, enam tahun kemudian, Wigan terpilih untuk mengikuti Football League setelah juara Northern Premier League, Boston United, dianggap tidak memenuhi syarat untuk mengikutinya. Ketika itu, bukan sistem promosi-degradasi yang menentukan klub yang tergusur dari Divisi Empat, melainkan pemungutan suara. Southport menempati peringkat buncit Divisi Empat dan harus bertarung dengan Wigan di meja pemungutan suara. Wigan akhirnya menang 29-20 lewat pemungutan suara putaran kedua.

Awal Wigan mulai dikenal seperti saat ini adalah ketika pemilik toko peralatan olahraga JJB Sports, Dave Whelan, membeli kepemilikan klub pada Februari 1995. Whelan bertekad mengangkat klub yang saat itu berlaga di Divisi Tiga ke kancah Liga Primer. Tiga pemain Spanyol, The Three Amigos, didatangkan untuk mewujudkan ambisi tersebut. Roberto Martinez, Isidro Diaz, dan Jesus Seba, bersama pelatih John Deehan, mampu mempromosikan klub ke Divisi Dua. Setelah beberapa kali gagal di partai play-off, Wigan akhirnya lolos ke Championship di bawah kepelatihan Paul Jewell musim 2002/03. Semusim di Championship, Wigan tampil hebat musim 2004/05 dan pada hari terakhir hanya butuh hasil imbang melawan Reading untuk meraih promosi otomatis. Wigan menang 3-1 dan sukses mewujudkan ambisi bermain di puncak kompetisi sepakbola Inggris sepanjang 73 tahun sejarahnya.
Catatan Prestasi
1 kali juara Liga Championship / Divisi Dua lama (2002/03)

1 kali juara Football League Divisi Tiga (1996/97)

2 kali juara Football League Trophy (1984/85, 1998/99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar